Misteri Kekuatan Alam
The Happening

Jakarta - Banyak hal buruk telah dilakukan manusia terhadap alam. Namun, apa jadinya bila alam bisa meluapkan kemarahannya pada manusia? Ancaman paling menyeramkan yang bisa dibayangkan pun akan terjadi.

Lalu lalang orang tiba-tiba terhenti di taman Central Park, New York, AS. Mereka berdiri terpaku dan mengucapkan kata yang sama berulang-ulang.

Kemudian di tengah jalan yang macet, seorang polisi lalu lintas tiba-tiba menembak kepalanya sendiri dengan pistolnya. Pistol yang sama lalu diambil sopir taksi yang kemudian juga bunuh diri.

Tidak hanya itu, di sebuah kebun binatang, pawang harimau memberikan tangannya untuk dimakan piaraannya. Di gedung bertingkat pun, para pekerja dengan santainya naik ke lantai teratas dan melompat begitu saja tanpa beban.

Untuk sementara, pemerintah menyimpulkan bahwa kejadian ini disebabkan oleh serangan teroris. Begitu pulalah yang sampai ke telinga Elliot Moore (Mark Wahlberg), seorang guru sains di New York.

Ia pun segera ikut evakuasi menuju Philadelphia bersama istrinya Alma (Zooey Deschanel). Turut pula sahabatnya, Julian (John Leguizamo) dan anak perempuannya, Jess (Ashlyn Sanchez).

Dalam perjalanan itu, Julian harus berpisah karena harus menjemput isterinya yang terjebak di Princeton dan menitipkan Jess pada Elliot.

Namun, kejadian menyeramkan tentang orang-orang yang seakan terhipnotis untuk menyakiti dan bunuh diri dengan cara yang sadis, membuat orang-orang ragu kalau teroris adalah dalang di balik kejadian ini.

Elliot pun memperkirakan adanya virus yang berasal dari tumbuhan. Menurut analisisnya, tumbuhan akan melepas zat bernama neurotoksin sebagai mekanisme pertahanan diri, bila merasa terancam dengan kehadiran manusia.

Dalam pengungsiannya, akhirnya Elliot menyarankan agar orang-orang menjauhi tempat-tempat terpencil dan berjalan dalam kelompok kecil untuk menghindari alam yang marah. Namun, sebenarnya tidak ada yang tahu pasti penyebab wabah tersebut.

Lalu, seberapa jauh virus itu menyebar? Dan masih adakah tempat aman untuk berlindung dari serbuan virus ganas itu?

Kisah The Happening diangkat dengan isu-isu yang terjadi pada masa perang dingin, dekade 1950-an. Seperti film Invasions of the Body Snatchers, atau The Birds-nya Alfred Hitchcock.

Film ini sedikit berbeda dengan film-film Sutradara M Night Shayamalan sebelumnya. Di dalam film ini tidak ada sebuah teka teki misteri yang baru terungkap di akhir cerita. Namun Shyamalan memang jagonya membuat film ber-genre thriller yang membuat denyut jantung penonton berpacu kencang.

Penuturan Shyamalan seringkali membawa kita pada hal-hal yang tidak terduga, seperti pada Sixth Sense. Semuanya karyanya memang didedikasikan pada genre ini.

Beberapa di antaranya adalah Lady in the Water (2006), The Village (2004), Signs (2002), dan Unbreakable (2000).

Namun pada 1999, ia juga pernah ikut menulis naskah untuk film anak-anak Stuart Little.

Tak banyak memang yang ia kerjakan, namun beberapa potongan adegan dari film yang ia bidani selalu menjadi kenangan tersendiri di industri film. Seperti peraturan-peraturan dalam The Village, kolam renang di Lady in the Water, alien ala Signs, hingga Bruce Willis yang tidak pernah cedera di Unbreakable.

Yang membuatnya berkesan, seperti dalam The Happening kali ini adalah gaya berkisah yang sedikit masuk akal dan dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. [E2]

Judul Film: The Happening
Jenis Film/Rating: Thriller/Remaja
Pemain: Mark Wahlberg, Zooey Deschanel, Ashlyn Sanchez, John Leguizamo
Sutradara dan Penulis Naskah: M Night Shyamalan

0 komentar:

Posting Komentar